Our Feeds

Flickr

Blogger news

Minggu, 18 Agustus 2019

Tofik Nurochman

Pengertian Algoritma Hough

Persamaan Hough adalah salah satu persamaan untuk merepresentasikan Kontur (countour). Kontur adalah salah satu bentuk deteksi tepi, deteksi ini bisa merepresentasikan batas dari suatu daerah (boundary region) atau suatu bentuk. Maka dari itu didapatkan persamaan-persamaan untuk dapat merepresentasikan bentuk tersebut (Munir, 2004).Salah satunya adalah Hough Circle Detectiondan Hough lines Detection.

dijelaskan tentang proses mendeteksi lingkaran dengan metode Hough Circle Transform. Ciri-ciri dari lingkaran adalah mempunyai titik tengah (a,b), dengan tepian dengan jarak jari-jari yang sama Prosesnya adalah mencari bentuk lingkaran di semua pixel. Maka dari itu metode yang digunakan adalah persamaan polar

Transformasi lingkaran ditunjukkan pada Persamaan(7a), kemudian diubah dalam bentuk perkalian sudut untuk dapat mencari jari-jari berdasarkan titik tengah (a,b) dan tepian (x,y), perkalian sudut ini ditunjukkkan pada Persamaan (7b) dan Persamaan (7c). Untuk mencari besar jari-jari lingkaran dapat diperoleh pada bentuk Persamaan (7d).

Hough Linesatau transformasi garis, merupakan algoritma yang digunakan untuk mencari garis lurus pada citra biner.Pada Hough lines digunakan titik-titik pada citra biner sebagai bagian dari himpunan kemungkinan garis.Titik pada tiap garis direpresentasikan sebagai titik koordinat polar(rho,theta)(Munir, 2004). 

Algoritma Hough lines menggunakan bentuk parametrik dan pemungutan suara terbanyak (voting) untuk menentukan nilai parameter yang tepat. Citra yang memiliki beberapa garis yang saling berpotongan pada suatu titik, maka apabila kemudian ditemukan titik tersebut ditransformasikan ke dalam ruang parameter akan didapati bahwa transformasi dalam ruang parameter adalah sebuah garis lurus dengan persamaan garis dinyatakan sebagai berikut:

yi = mxi + c...................................................................................(1) 

yi direpresentasikan sebagai titik (cm) di ruang parameter. Sementara jika persaman tersebut di perluas kedalam bentuk (rho,theta), akan menhasilkan persamaan seperti berikut: 

r = x cos θ + y sin θ........................................................................(2)

Parameter r merupakan jarak antara garis dan titik asal, dan θ adalah sudut yang dibentuk dari vektor asal ke titik terdekat, penerapan algoritma ini akan dilakukan looping pada tiap titik dan tiap nilai theta dalam citra.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »