Our Feeds

Flickr

Blogger news

Selasa, 13 Agustus 2019

Tofik Nurochman

Pengertian Citra (Image)

          Haii sobat jumpa lagi setelah sekian lama tidak menulis artikel-artikel seputar dunia otomasi. kali ini penulis akan menyajikan beberapa ringkasan tentang pengertian citra (Image), yang saya ambil dari bebrapa referensi. oke langsung saja ini dia pengertian atau devinisi tentang citra (Image).

          Menurut Sutoyo dkk,(2010) definisi citra adalah suatu representasi (gambaran), kemiripan, atau imitasi dari suatu objek. Citra sebagai keluaran suatu sistem perekaman data dapat bersifat optik berupa foto, bersifat analog berupa sinyal-sinyal video seperti gambar pada monitor televisi,atau bersifat digital yang dapat langsung disimpan pada suatu media penyimpanan. Ditinjau dari sudut pandang matematis, citra merupakan fungsi menerus (continue) dari intensitas cahaya pada bidang dwimatra. Sumber cahaya menerangi objek, objek memantulkan kembali sebagian dari berkas cahaya tersebut. Pantulan cahaya ini ditangkap oleh oleh alat - alat optik, misalnya mata pada manusia, kamera, pemindai (scanner), dan sebagainya, sehingga bayangan objek yang disebut citra tersebut terekam. 

          Menurut Munir,(2004) citra terbagi menjadi dua yaitu citra diam dan citra bergerak, citra diam adalah citra tunggal yang tidak bergerak. Untuk selanjutnya, citra diam disebut citra saja. Sedangkan, citra bergerak (moving images) adalah rangkaian citra diam yang ditampilkan secara beruntun (sekuensial) sehingga memberi kesan pada mata sebagai gambar yang bergerak. Setiap citra di dalam rangkaian disebut frame.

Citra Digital 

       Citra digital adalah citra yang dapat diolah oleh komputer.Citra digital mengandung sejumlah elemen dasar-elemen dasar. Elemen-elemen dasar inilah yang akan diolah dan dimanipulasi dalam pengolahan citra (Sutoyo dkk, 2010).
Format File Citra 
Terdapat beberapa format file citra tapi dalam pengolahan citra hanya ada dua jenis format file citra yang sering digunakan, yaitu citra bitmap dan citra vektor. Istilah ini biasanya digunakan pada saat melakukan desain grafis.(Sutoyo dkk, 2010).

Format File Citra Bitmap
       Citra bitmap menyimpan data kode citra secara digital dan lengkap (cara peyimpanannya adalah per piksel). Citra bitmap dipresentasikan dalam bentuk matriks atau dipetakan dengan menggunakan bilangan biner atau sistem bilangan lain. Citra ini memiliki kelebihan untuk memanipulasi warna, tetapi untuk mengubah objek lebih sulit.Tampilan bitmap mampu menunjukan kehalusan gradasi bayangan dan warna dari sebuah gambar.Oleh karena itu, bitmap merupakan media elektonik yang paling tepat untuk gambar-gambar dengan perpaduan gradasi warna yang rumit, seperti foto dan lukisan digital. Citra bitmap biasanya diperoleh dengan cara scanner, Camera Digital, Video Capture, dan lain-lain. Beberapa format yang umum digunakan dalam pemrograman pengolahan citra di sajikan dalam Tabel berikut:

Nama Format
Ekstensi
Kegunaan
Microsoft Windows
Bitmap Format
BMP
Format umum untuk menyimpan citra bitmap yang dikembangkan oleh Microsoft
Compuserve Grapihics
Interchange Format
GIFF
Format umum citra yang dirancang untuk keperluan transmisi melalui modem
Aldus tagged image File Format
TIF
Format kompleks dan multiguna yang dikembangkan oleh Aldus bersama Microsoft
WordPrifect Graphics Format
WPG
Format vektor yang juga mendukung citra bitmap
GEM Image Format
IMG
Format bitmap yang dikembangkan untuk riset digital dilingkungan GEM
Zsoft pengolahan cira paintbrush Format
PCX
Dirancang untuk menyimpan citra layar dan merupakan format bitmap yang didukung luas
Microsoft paint Bitmap Format
MSP
Secara fungsional mirip dengan IMG dan PCX, tapi kurang popular
AT & T Targa Fomat
TGA
Format untuk 16-bit sampai 24-bit citra warna penuh diciptakan untuk system truevision
Apple macpaint Format
PNTG
Format asli dari Macintosh Macpaint Program
Sun microsystem raster Format
RAS
Fromat bitmap asli yang digunakan pada sun SPARCS
X Windows X-11 Bitmap Format
XBM
Format yang umum digunakan untuk menyimpan citra bitmap yang dikembangkan untuk X Windows


Format File Citra Vektor 

Citra vektor atau gambar merupakan gambar digitalyang berdasarkan persamaan matematis.Gambar Vektor terdiri dari penggabungan koordinat-koordinat titik menjadi garis atau kurva untuk kemudian menjadi sebuah objek, sehingga gambar tidak menjadi pecah walaupun diperbesar atau diperkecil. 

Citra vektor merepresentasikan gambarnya tidak dengan menggunakan pixel, melaikan dengan kurva dan garis yang didefinisikan dalam persamaan matematis.Persamaan matematis tersebut disebut dengan vektor(Sutoyo dkk, 2010).

Image Processing 

Image processing atau sering disebut dengan pengolahan citra digital merupakan suatu proses dari gambar asli menjadi gambar lain yang sesuai dengan keinginan. Misal suatu gambar yang kita dapatkan terlalu gelap maka dengan image processing gambar tersebut bisa kita proses sehingga mendapat gambar yang jelas. 

 RGB (Red Green Blue) 

Menurut Sutoyo. Dkk (2010) model warna RGB berorientasi hardawre, terutama warna monitor dan warna pada kamera video. Dalam model ini warna ditunjukkan dengan kombinasi tiga warna primer. Ketiga warna primer tersebut membentuk sistem koordinat kartesian tiga dimensi.

Sekian dulu artikel tentang pengertian citra, lanjut pada postingan berikutnya.. byeee..............

berikut daftar referensi yang saya ambil untuk artikel ini:

Achmad, B. & Firdausy, K. (2005) Teknik Pengolahan Citra Digital Menggunakan DELPHI.Yogyakarta : Ardi Publishing. 

Hidayat, Riski. (2013) Sistem Pengukur Volume barang Menggunakan Webcam. Skripsi, Yogyakarta : Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan Rahadian, fauziazzuhry, 2013, purwarupa pengaturan lampu otomatis dengan pengolahan citra berbasis opencv. (diakses januari 2017)

Putra, Darma. (2010). Pengolahan Citra Digital.Yogyakarta : Andi

Sutoyo. Dkk (2010).Teori Pengolahan Citra Digital.Semarang :PenerbitAndi

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »