Our Feeds

Flickr

Blogger news

Kamis, 13 Agustus 2015

Tofik Nurochman

Arti penting pentanahan

Kejutan listrik.

Kejutan listrik merupakan gejala terjadinya aliran arus listrik melalui tubuhdengan magnituda tertentu nyang dapat memberikan efek-efek yang membahayakan/mencederai. Terkait dengan kejutan listrik ini pertanyaan penting yang muncul adalah apakah kita berada dalam kondisi yang beresiko terhadap kejutan listrik serta bagaimana cara melindungi diri kita dari kejutan listrik ini ?
1 mA -  2 mA              masih dapat di tahan, tak ada efek yang mencederai.
5 mA – 10 mA                        terpental, ada rasa sakit.
15 mA – 20 mA                      kontraksi otot.
20 mA – 30 mA                      pernafasan melemah.
50  mA dan diatasnya detak jantung yang cepat dan tak beraturan, dan kematian.
            Tepat berada di kondisi mana kita berada dalam keadaan yang beresiko terhadap kejutan listrik yaitu :
1.      Menyentuh bagian bagian peralatan atau sistem yang bersifat menghantarkan arus listrik (bagian-bagian ini memang di rancang untuk menghantarkan arus listrik) kondisi ini di sebut sebagai kontak langsung.
2.      Menyentuh bagian-bagian yang bersifat menghantar (konduktif) namun bukan merupakan bagian yang di rancang untuk menghantarkan arus listrik. Sifat menghantar dari bagian ini dapat muncul sebagai akibat terjadinya gangguan. Kondisi ini di kenal sebagai kontak tidak langsung. 
Bagian-bagian konduktif yang berhubungan dengan kontak tidak langsung dapat berupa bahan-bahan logam dari suatu peralatan atau aksesoris listrik (kelas 1) dan bahan logam dari sistem pengawatan bagian konduktif terekpos, atau dapat juga berupa bahan-bahan logam yang lain(contohnya pipa, radiator dan palang) di sebuat sebagai konduktif luar (extraneous conductive) 



Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »